Agar tidak salah menangani balita Anda, ada baiknya Anda mengenali 5 jenis temperamen si kecil.

Si malaikat kecil
Balita yang masuk dalam kategori ini adalah idaman banyak orangtua. Biasanya si kecil sangat mudah menerima lingkungan baru dan gampang merasa nyaman, jika bertemu kerabat atau famili yang baru pertama ditemuinya, ia tidak rewel. Ciri lainnya adalah ia lebih cepat belajar bahasa dibanding balita lain.

Ketika ia menginginkan sesuatu yang tidak bisa dimilikinya, Anda tidak akan kesulitan mengalihkan perhatiannya sebelum emosinya naik. Dan ketika ia sedang rewel, Anda juga bisa membujuknya dengan mudah, sangat jarang balita ini masuk dalam periode tantrum. Si kecil juga senang bermain. Singkatnya, balita ini mudah diatur, bahkan ketika diajak bepergian ia bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

Si Textbook

Semua proses kembang dan tumbuhnya, persis waktunya seperti apa kata buku. Berguling umur 4 bulan, tumbuh gigi ketika berusia 7 bulan, dan sebagainya. Si kecil tidak akan rewel ketika Anda membawanya ke acara sosial seperti pertemuan keluarga meski pada awalnya ia malu-malu saat bertemu orang asing.

Ia lebih nyaman jika berada di lingkungan yang dikenalnya, tetapi jika semuanya sudah diatur dan Anda menyiapkan mentalnya, ia tidak akan kesulitan untuk beradaptasi. Misalnya sebelum masuk play group, Anda sebaiknya menceritakan suasana sekolahnya, apa saja yang akan dipelajari, dan sebagainya, sehingga ia tidak kesulitan menerima lingkungan barunya. Balita dalam kategori ini menyukai rutinitas dan lebih suka jika semuanya sudah dijadwalkan.

Si Sensitif

Balita dalam kategori ini memiliki sifat yang sensitif dan lambat beradaptasi dengan situasi baru. Ia lebih menyukai dunia yang sudah dikenalnya. Ketika sedang menikmati suatu kegiatan, ia tidak suka diganggu. Misalnya ketika ia asyik dengan boneka atau mobil-mobilannya dan Anda memintanya untuk berhenti, ia akan marah dan menangis.

Balita ini sering disebut sebagai “si pemalu”. Dan memang demikianlah sifatnya. Dalam hal bersosialisasi ia memang kurang pandai, apalagi jika ia merasa merasa tertekan di antara teman-teman barunya. Terkadang ia juga susah untuk berbagi.

Sebenarnya ia lebih suka melakukan sesuatu sendiri, untuk itu sebaiknya Anda memberi kepercayaan padanya karena hal itu bisa membuatnya belajar mandiri. Ia adalah anak yang memiliki perasaan peka dan berhati-hati dan serta banyak pertimbangan dalam menghadapi masalah. Balita yang memiliki sifat peka dan sensitif biasanya berbakat dalam hal seni.

Si Semangat

Si kecil sangat aktif bergerak secara fisik dan cenderung mengalami temper tantrum (marah yang sulit dikendalikan). Ia suka bergaul dan punya rasa ingin tahu yang besar dibanding balita lain. Balita ini suka petualangan ; ia akan melakukan apa yang disukainya dan tidak suka dilarang. Ia sangat bangga jika berhasil melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Sebagai orangtua, Anda sebaiknya memberi peraturan yang jelas untuk diketahuinya, mana yang boleh dan mana yang tidak. Sekali ia menangis, susah untuk menghentikannya, bahkan ia punya banyak energi untuk terus menangis. Saat bermain bersamanya, Anda bisa menanamkan ’aturan’ agar ia tidak bersikap semaunya. Anda juga harus kreatif menemukan permainan agar si kecil bisa menyalurkan energinya. Si semangat berbakat untuk menjadi pemimpin dan akan giat berusaha untuk mendapatkan apa yang menarik baginya.

Si pemarah
Ia adalah anak yang keras kepala, pemarah dan ingin semua sesuai kehendaknya. Jika Anda memaksanya melakukan sesuatu sebelum ia siap, ia akan menolak dan meledak. Jika Anda mengajarinya melakukan sesuatu, ia akan menepis tangan Anda. Karena ia suka mengerjakan sesuatu dengan caranya, ia lebih suka dibiarkan sendiri. Padahal, sebagai balita ia belum terampil mengerjakan banyak hal, tetapi ia cenderung sok tahu, akibatnya ia sering frustasi dan marah. Ketika sedang marah, ia akan menangis sekeras-kerasnya. Karena ia agak susah mengekspresikan perasannya, maka ia jadi pemarah dan suka memaksa. Balita ini lebih suka melakukan sesuatu sesuai moodnya. Semakin Anda paksa, semakin keras kepala ia. Meski begitu, balita pemarah memiliki ’jiwa lebih tua’, mereka biasanya kreatif, banyak akal dan terkadang bijaksana, seolah sudah pernah mengalami sebelumnya.

Hana bagaimana ya?
kalau lihat sifat2 diatas, aku jadi bingung sendiri ne...hana masuk kategori apa ya....dibilang si sensitif..iya..
dibilang si semangat...iya juga...dibilang si pemarah...ada benarnya juga...
duh..pusink...memank balita itu unik dan kita harus punya cara yang unik untuk menghadapi mereka...
Maha benarlah Allah...maka kita selalu berdoa dengan doa berikut:

ROBBIGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO

Artinya :

“ Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah ibuku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil ”

kenapa harus masa kecil?....ya memank itulah masa orang tua disibukkan dengan pola tingkah kita yang luar biasa...orang tua tetap penuh sayank dan kesabaran untuk membimbing kita untuk menjadi anak sholehah....

Hana...jadi anak sholehah ya...n selalu doakan ummi dan abak yang selalu sayank padamu dan berharap dirimu bisa membawa kita ke Surga.....
Aamiin....